Hari Asyura diambil dari bahasa Arab yang berarti hari kesepuluh, menunjuk pada 10 Muharram pada penanggalan hijriah.
 
Pada Muharram 1442 H tahun ini, Hari Asyura (Ashura) jatuh pada Sabtu, 29 Agustus 2020. Di hari inilah umat Islam biasa berpuasa untuk mohon pengampunan dan mengharap pahala dari Allah SWT.
 
Bukan cuma itu, ternyata berbagai peristiwa penting juga terjadi pada tanggal ini, yang membuat Hari Asyura semakin penting.
 
Untuk mengetahui lebih dalam mengenai Hari Asyura atau 10 Muharram, berikut 5 fakta menarik yang perlu kamu ketahui:
  1. Hari pertolongan Allah SWT untuk Nabi Musa AS
  2. Memperingati Pertempuran Karbala, 1400 tahun yang lalu
  3. Berkah berlipat ganda di Hari Asyura yang akan diterima umat Muslim. Dalam ayat Alquran, Allah SWT memberi tahu bahwa bulan Muharram begitu suci sehingga, janganlah kamu berbuat dosa. Ini tertulis pada Surat At-Taubah ayat 36.
  4. Puasa di Hari Asyura
  5. Memberi pada Hari Asyura setara dengan amal satu tahun
Tidak hanya berkah yang akan berlipat ganda pada Hari Asyura, tetapi Nabi SAW juga menjelaskan bagaimana amalmu lebih berarti pada hari yang diberkahi ini: "Barangsiapa yang berpuasa Asyura, itu seolah-olah dia telah berpuasa sepanjang tahun. Dan siapa pun yang memberi amal pada hari ini, itu seperti amal selama setahun penuh," dalam kitab Lata'if al-Ma'arif Ibn Rajab dijelaskan.
 
Di SMP N 1 Karas tercinta ini, keluarga besar kita juga memiliki acara santunan dan juga tausiah kilat kepada anak yatim dan duafa. Santunan kali ini ada yang diberikan secara langsung ke rumah siswa-siswi yang sudah terdata dan juga diadakan di mushola SMP N 1 Karas bagi siswa-siswi yang dekat dengan sekolahan.
 
Semoga keberkahan Asyura bisa keluarga besar SMP N 1 Karas rasakan dan semoga santunan yang diberikan juga bermanfaat bagi siswa-siswi yang memang membutuhkan. Aamiin...
   

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *